Rabu, 01 Desember 2010

GURU WANITA DALAM ISLAM

Asy-Syifa' binti Abdillah ra adalah salah satu bintang dalam sejarah Islam. kiprahnya ditengah masyarakat diakui oleh banyak orang termaksud Rasulullah saw dan Umar bin khathab ra.
Sebelum masuk Islam, ia telah mengajari penduduk Makkah untuk membaca dan menulis. aktivitas ini dilanjutkannya setelah masuk Islam, bahkan ia dikenal sebagai guru wanita pertama dari kalangan kaum muslimin. selain itu ia pun dikenal sebagai ahli ruqyah yang handal. Ruqyah-nya dikenal denan nama Ruqyatun Namlah. dengan ijin Allah ia dapat menyembuhkan orang-orang yang sakit cacar. Ruqyah ini disetujui oleh Rasulullah saw, dan karna keahliannya ini Rasulullah saw membuatkan klinik khusus pengobatan penyakit untuknya.
Asy-Syifa ra adalah guru yang ternama. ia memiliki banyak murid, baik mereka yang ingin belajar baca tulis, meruqyah ataupun mempelajari ilmu agama. diantara muridnya adalah Hafshah binti Umar bin Khathab ra, istri dari Rasulullah saw.
kiprah Asy-Syifa ra ditengah masyarakat semakin meningkat dimasa pemerintahan Umar bin Khathab ra. Khalifah kedua ini memintanya untuk menangani urusan pasar dikota Madinah, dan tugas mengelola perdagangan ini dilaksanakannya dengan baik. selain itu Umar bin Khathab ra pun sering bertukar pendapat dengan Asy-Syifa ra untuk mencari solusi mengenai permasalahan yang dia hadapi. sungguh Asy-Syifa ra adalah wanita cerdas yang sangat peduli terhadap kondisi masyarakat.

1 komentar: